Pengantar Zoho CRM

Pengantar Zoho CRM

Apa yang dimaksud dengan CRM?

Customer Relationship Management (CRM) dapat diartikan ke berbagai cara, tergantung apa yang ingin dicapai oleh orang yang mengartikannya.

Bagi sebagian orang, CRM adalah strategi untuk mengidentifikasi, memahami, mengelola, dan memenuhi kebutuhan bisnis leads dan pelanggan yang ada. Namun bagi sebagian orang lainnya, CRM adalah sistem yang:
  1. Membantu mengumpulkan semua informasi pelanggan yang diperlukan untuk menyediakan tampilan menyeluruh akan minat dan preferensi pelanggan.
  2. Menyediakan berbagai pilihan untuk mengelola proses penjualan dan pemasaran serta berinteraksi dan terlibat dengan pelanggan secara rutin. 
Dengan kedua cara ini, software CRM membantu sebuah perusahaan memperkuat dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggannya. Lihat panduan implementasi CRM untuk proses langkah demi langkah penyiapan akun CRM Anda.

Mengapa perusahaan memerlukan strategi CRM?

Bayangkan Anda berjalan ke restoran favorit yang sering Anda kunjungi. Anda lalu disambut oleh pemilik restoran itu, katakanlah si pemilik bernama Roger, dengan senyum lebar! Ia menganggukkan kepala pada Anda dan memberikan isyarat agar Anda dapat duduk. Roger memberi tahu Anda bahwa pesanan akan datang dalam 5 menit.

Tapi, tunggu sebentar! Memangnya, kapan Anda memesan?

Di saat inilah Roger mengingat apa yang Anda suka: racikan kopi spesial untuk Anda dan roti atau kudapan favorit. Mungkin saja ini kebetulan. Mungkin Roger mengingat Anda karena Anda baru datang ke kafenya minggu lalu.

Namun, ternyata Roger melakukannya kepada hampir setiap pelanggan yang berkunjung ke restorannya beberapa kali. Hebat sekali, 'kan? Mengingat preferensi banyak pengunjung bisa dikatakan sebuah prestasi karena terkadang perlu waktu bertahun-tahun untuk memahami kebutuhan pengunjung dan membiasakan diri dengan mereka. 

Roger, dalam hal ini, sangat memperhatikan kepuasan dan relasinya dengan para pelanggan. Baginya dan tim, pelanggan adalah raja dan mereka tahu pentingnya melakukan usaha ekstra untuk untuk memastikan mereka paham akan apa yang pelanggan inginkan, sehingga restoran punya hubungan baik dengan mereka. Roger menyimpan informasi tentang preferensi setiap pelanggan, pesanan buatan khusus untuk mereka, barista favorit, dan bahkan batasan diet mereka! 

Dan tidak cuma ini! Roger juga perlu menguasai beberapa transaksi lainnya seperti pembelian bahan baku, pengeluaran bulanan, pertumbuhan tahunan bisnis, dan pelacakan laba. Dia harus melacak dan menilai setiap penjualan yang dilakukan sehingga tidak ada detail penting yang terlewat dalam laporan tahunan.

Pada saat yang sama, dia harus memastikan seluruh timnya mengetahui proses bisnis dan mengikutinya tanpa melakukan kekeliruan apa pun.

Mengelola semua aspek bisnis itu dapat Roger lakukan lebih mudah dengan software CRM yang andal. Aplikasi Customer Relationship Management dapat memahami bisnis dengan mudah, menyatukannya dengan karyawan dan pelanggan, serta mengambil informasi bisnis sedemikian rupa sehingga mendapatkan sudut pandang menyeluruh dari setiap pelanggan secara real-time.  

Manfaat menggunakan software CRM

Software CRM idealnya harus memiliki beberapa aspek yang mampu: 

  1. Menyediakan akses tanpa putus ke data pelanggan - Kami percaya bahwa memberikan respon yang cepat dan solusi langsung akan sangat membantu dalam membangun hubungan yang lebih lama dengan pelanggan. Jadi, informasi pelanggan Anda disimpan dengan aman di platform berbasis cloud dan tim Anda dapat terhubung dengan pelanggan dari mana pun secara real-time
  2. Menghadirkan koordinasi antar-departemen - Keuntungan lain dari memiliki data di cloud adalah data tersebut dapat dibagikan ke seluruh tim. Anda dapat membuat tugas yang berfokus pada pelanggan dan memberikannya kepada anggota tim yang berkaitan. Dengan begini, setiap staf penjualan pasti memiliki peran dan tujuan yang jelas, tidak seorang pun ditinggalkan atau melakukan serangkaian tugas yang sama, dan tidak ada peluang penjualan yang terlewatkan. 
  3. Menyederhanakan berbagai proses - Aplikasi CRM dilengkapi dengan beragam fitur yang dapat membantu meningkatkan kemampuan tim penjualan untuk mencapai lebih banyak kesepakatan, membantu tim marketing dalam memperoleh lebih banyak leads, memudahkan tim customer service dan customer support untuk menyelesaikan aduan lebih cepat; semua pada waktu yang sama.
  4. Mendukung partisipasi proaktif dalam customer engagement - Software CRM terbaik akan membantu meraih pencapaian dan mengingatkan Anda tentang jadwal atau tanggal penting dengan pelanggan. Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang preferensi dan keinginan pelanggan yang nantinya akan membantu tim penjualan mengatur strategi customer engagement yang lebih baik dan lebih cepat. Secara umum, aspek ini dapat sangat membantu meningkatkan retensi dan mengurangi churn. 
  5. Membuat keputusan lebih cerdas - Pelanggan akan merasa dihargai saat tim penjualan mengingat kebutuhan mereka dan memberikan solusi dengan cepat. Salah satu manfaat terbesar software CRM adalah kemampuannya membantu Anda memperoleh informasi, mengantisipasi beragam kemungkinan, merekomendasikan pilihan, dan bahkan menyarankan tindakan berikutnya dengan mempertimbangkan data dan interaksi pelanggan sebelumnya. 

Fungsi utama Zoho CRM

Software CRM pilihan Anda harus bisa disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda, bukan sebaliknya. Zoho CRM cukup fleksibel untuk mengakomodasi proses bisnis Anda dan memungkinkan Anda untuk menirunya secara online. Setiap bisnis itu unik, karena itu kami menyediakan fitur kustomisasi agar Anda bisa membangun CRM yang benar-benar sesuai kebutuhan. 

Hari yang baik bagi seorang pekerja adalah saat mereka melangkah masuk ke kantor, menghidupkan laptop, dan memulai rutinitas kerjanya. Aplikasi CRM dapat mengotomatisasi beberapa tugas berulang dan menghemat waktu agar Anda bisa melakukan aktivitas yang lebih penting. Dengan beberapa fitur otomatisasi yang mudah diset, proses penjualan jadi makin praktis dan efisien. Bersantailah dan rencanakan strategi bisnis Anda berikutnya selagi CRM mengurus sisanya untuk Anda.

Komunikasi telah mencapai level yang benar-benar baru. Dengan Zoho CRM, Anda dapat mengumpulkan semuanya di satu platform. Baik itu email, panggilan telepon, obrolan langsung, atau saluran media sosial seperti Facebook dan Twitter, semua interaksi Anda dapat diakses dari satu tempat. Cara terbaik untuk memastikan bisnis Anda tidak ketinggalan dan terus mengikuti arus zaman adalah dengan membuat pelanggan dan leads Anda hadir di berbagai saluran.

Ketika pekerjaan menumpuk, tentunya Anda tidak bisa membuang waktu untuk mencari informasi pelanggan yang tersebar di banyak tempat. Miliki akses ke segalanya di satu tempat untuk menghemat waktu Anda yang berharga. Lacak riwayat pembelian klien, lihat catatan atau percakapan sebelumnya, dan buka email terkait sekaligus, semuanya di satu tempat. Tampilan kontekstual memudahkan Anda melakukan cross-selling produk dan menghemat waktu untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. 

Anda mungkin membutuhkan software tertentu untuk menjalankan fungsi tertentu. Tenang saja, Anda tetap bisa menggunakannya bersamaan dengan sistem CRM. Dengan rangkaian fitur untuk developer dari kami, seperti API, SDK, Functions, Widget, dan lainnya, Anda dapat menghadirkan software andalan ke CRM dan mengelola semuanya dari satu tempat.

Lihat panduan implementasi CRM untuk proses langkah demi langkah penyiapan CRM Anda.


LIHAT JUGA

 

    • Related Articles

    • Spesifikasi Zoho CRM

      Paket Zoho CRM Zoho CRM adalah software CRM berbasis cloud yang tersedia dalam lima paket berbeda, yang fiturnya masing-masing berfokus pada kebutuhan bisnis tertentu. Gratis Standard Professional Enterprise Ultimate Setiap edisi memiliki harga ...
    • Memulai Perjalanan Anda sebagai Admin Zoho CRM

      Apa Peran Anda sebagai Admin? Sebagai administrator Zoho CRM di perusahaan, Anda berperan memberikan ekosistem terpercaya untuk karyawan Anda, tempat mereka dapat berkembang dengan sukses. Ada serangkaian aktivitas yang harus Anda lakukan untuk ...
    • Memahami Akun CRM Anda

      Istilah-Istilah Penting di Software CRM Dalam lingkungan bisnis, ada istilah-istilah seperti Leads, Deal, Campaign, Invoice, dsb. Berikut ini adalah daftar istilah dan definisinya sebagaimana yang digunakan di Zoho CRM. Anda dapat menemukan lebih ...