Memahami Akun CRM Anda

Memahami Akun CRM Anda

Istilah-Istilah Penting di Software CRM

Dalam lingkungan bisnis, ada istilah-istilah seperti Leads, Deal, Campaign, Invoice, dsb. Berikut ini adalah daftar istilah dan definisinya sebagaimana yang digunakan di Zoho CRM. Anda dapat menemukan lebih banyak istilah seperti ini di Glosarium Zoho CRMLihat panduan implementasi CRM untuk proses langkah demi langkah penyiapan akun CRM Anda.

Leads
Account/Akun
Leads adalah kontak yang belum memenuhi syarat atau peluang penjualan dalam bisnis Anda. Leads adalah informasi mentah yang dikumpulkan tentang individu atau perwakilan organisasi yang dikumpulkan dari pameran, seminar, iklan, dan kampanye marketing lainnya. Leads akan menjalani proses tindak lanjut oleh perwakilan penjualan dan jika memenuhi syarat, mereka akan dikonversi menjadi akun, kontak, dan kesepakatan (peluang) di Zoho CRM. 

Untuk penjelasan selangkapnya tentang perbedaan leads, prospek, akun, dan kontak, dapat dibaca di tulisan ini.
Akun adalah leads yang telah memiliki kesepakatan bisnis dengan Anda. Di Zoho CRM, satu atau beberapa kontak dapat dikaitkan dengan sebuah akun. Dalam skenario B2B pada umumnya (satu bisnis menjual produk atau layanan ke bisnis lain), akun memainkan peranan penting dalam melacak informasi suatu perusahaan.


Kontak
Deal/Kesepakatan
Kontak adalah orang-orang di dalam perusahaan yang melakukan komunikasi bisnis dengan perusahaan Anda. Sebagian kontak ini mungkin merupakan bagian dari sebuah departemen dalam sebuah perusahaan. Kontak CRM biasanya berasal dari leads yang telah memenuhi syarat, diimpor dari daftar lain, atau ditambahkan satu per satu berdasarkan hubungan bisnis dengan perusahaan terkait.
Tonton video
Kesepakatan adalah suatu hubungan bisnis dengan organisasi (B2B) atau dengan orang (B2C), yang menghasilkan pendapatan riil untuk perusahaan Anda. Sebelum menjadi sebuah kesepakatan, seseorang/organisasi akan melalui berbagai tahap penjualan seperti Leads, Kualifikasi, Perlu Dianalisa, Proposisi Nilai, dll. sebelum benar-benar berubah menjadi kesepakatan, gagal, atau berhasil dicapai. Leads yang menunjukkan minat pada bisnis Anda dapat secara langsung dikonversi menjadi peluang yang memiliki potensi penjualan.
Tonton video
Forecast/Perkiraan
Campaign/Kampanye
Perkiraan adalah informasi faktual yang diperlukan untuk membuat keputusan bisnis yang cerdas dan mengantisipasi penjualan di masa mendatang. Perkiraan memberikan tampilan personal dari bisnis Anda untuk melacak dan menyempurnakan proses penjualan di organisasi Anda.
Zoho CRM menyediakan platform untuk menata dan mencatat keseluruhan biaya kampanye marketing. Ini akan membantu menandai berbagai tahap, mengimpor kontak yang ditargetkan, mengaitkan semua tugas, acara, dan panggilan yang terkait dengan kampanye. Selain itu, kampanye juga memberikan tampilan mendetail dari semua kampanye pemasaran di mana pelanggan individu telah menjadi bagiannya.
Price Books/Pemesanan Harga
Vendor
Pemesanan Harga adalah harga yang disepakati untuk menjual produk kepada pelanggan. Berdasarkan ketentuan yang telah disepakati, harga dapat berbeda antara tiap pelanggan. Harga satuan yang merupakan harga yang ditetapkan oleh produsen untuk produk dan harga daftar yang merupakan harga penjual dapat ditawarkan dalam pemesanan harga. Selain itu, rentang diskon juga dapat ditentukan.
Vendor adalah perusahaan, orang, atau kontraktor yang darinya Anda memperoleh produk dan layanan. Detail vendor yang disimpan di Zoho CRM dapat memberikan visibilitas yang lebih baik terhadap vendor atau pemasok untuk pengadaan produk di masa mendatang.
Penawaran
Sales Order/Pesanan
Penawaran adalah perjanjian hukum antara pelanggan dan vendor untuk mengirimkan produk yang diminta dalam waktu yang telah ditentukan dengan harga yang telah disepakati. Penawaran dapat dikonversi menjadi Pesanan atau Faktur (Invoice) dengan satu klik. Templat juga dapat dibuat berdasarkan detail penawaran dan dapat dikirimkan kepada pelanggan.
Pesanan adalah konfirmasi penjualan yang dihasilkan setelah pelanggan mengirimkan pesanan pembelian berdasarkan penawaran Anda. Di Zoho CRM, Penawaran dapat dikonversi menjadi Pesanan dengan satu klik.
Pesanan Pembelian
Faktur/Invoice
Pesanan Pembelian adalah dokumen pembuatan pesanan yang terikat secara hukum untuk pembelian produk atau jasa dari vendor. Setiap produk dapat memiliki tingkat pemesanan ulang yang berbeda untuk memicu pembuatan pesanan pembelian baru.
Faktur adalah tagihan yang dikeluarkan oleh vendor kepada pelanggan bersama dengan barang atau jasa dengan tujuan menerima pembayaran. Penawaran dapat dikonversi menjadi Pesanan Penjualan atau Faktur dengan satu klik.
Modul
Record/Catatan Rekam
Di Zoho CRM, data digolongkan menjadi grup atau divisi berdasarkan kesamaan. Masing-masing divisi yang memiliki data yang serupa disebut "modul". Misalnya Leads adalah modul yang berisi semua detail leads bisnis Anda. Kontak, Akun, Kesepakatan, Penawaran, dll. adalah contoh lain dari modul.

Di Zoho CRM, modul terdiri dari dua jenis utama - modul default dan modul kustom (atau modul yang dibuat pengguna).

"Catatan Rekam" adalah nama umum yang diberikan untuk setiap entri yang dibuat dalam modul. Misalnya, jika terdapat sepuluh leads di modul Leads, masing-masing leads adalah catatan rekam. Jika ada 10 kontak di modul Kontak, masing-masing kontak adalah catatan rekam dan seterusnya.

Tur Layar Cepat

Ikuti tur layar untuk mengetahui tampilan CRM Anda dengan lebih baik.

Tab Beranda

Saat Anda membuka akun Zoho CRM, layar pertama yang Anda lihat adalah halaman beranda. Di sini, Anda dapat melihat sekilas kemajuan aktivitas di software CRM Anda. Ini adalah dasbor yang berisi komponen dari berbagai modul, dan Anda dapat menyesuaikan tab beranda dengan menentukan komponen mana yang akan disertakan.


  1. Daftar modul.
  2. Ikon untuk Pencarian, pemberitahuan Umpan, menambahkan catatan, kalender Zoho CRM, MailMagnet, Penyiapan.
  3. Komponen dalam tampilan kustomisasi.
  4. Footer CRM dengan Ask Zia (Tanya Zia), Gamescope, Catatan tempel, notifikasi Zia, Pengingat Aktivitas, dan ikon Item Terbaru.

Tampilan Modul


  1. Tampilan Daftar.
  2. Berbagai jenis Tampilan - Daftar, Kanban, dan Kanvas.
  3. Opsi Lainnya - Tindakan massal, Pembalas otomatis, dll. berdasarkan modul.
  4. Filter Lanjutan.
  5. Daftar catatan di modul yang dipilih.

Tampilan Catatan


  1. Info, Linimasa, dan Privasi Data (jika pengaturan Kepatuhan GDPR diaktifkan).
  2. Pintasan Daftar Terkait.
  3. Daftar terkait secara mendetail.
  4. Opsi untuk melihat informasi mendetail.
  5. Tampilan kartu nama.
  6. Tindakan yang dilakukan pada catatan - mengirim email, mengonversi prospek, mengedit, dll.

Halaman Penyiapan


Anda dapat mengonfigurasi pengaturan akun CRM Anda dengan mengeklik ikon Setup (Penyiapan) yang ada dalam tab header. Zoho CRM berisi opsi penyiapan untuk mengonfigurasi pengaturan umum, Pengguna dan Kontrol, Saluran, Kustomisasi, Automasi, Administrasi Data, Marketplace, dan Ruang Pengembang. Sebagai permulaan, Anda dapat mengonfigurasi pengaturan Umum di awal yang memungkinkan Anda mengisikan detail pribadi dan detail perusahaan Anda. Buka Setup General untuk mengakses General settings.


    • Related Articles

    • Memulai Perjalanan Anda sebagai Admin Zoho CRM

      Apa Peran Anda sebagai Admin? Sebagai administrator Zoho CRM di perusahaan, Anda berperan memberikan ekosistem terpercaya untuk karyawan Anda, tempat mereka dapat berkembang dengan sukses. Ada serangkaian aktivitas yang harus Anda lakukan untuk ...
    • Spesifikasi Zoho CRM

      Paket Zoho CRM Zoho CRM adalah software CRM berbasis cloud yang tersedia dalam lima paket berbeda, yang fiturnya masing-masing berfokus pada kebutuhan bisnis tertentu. Gratis Standard Professional Enterprise Ultimate Setiap edisi memiliki harga ...
    • Pengantar Zoho CRM

      Apa yang dimaksud dengan CRM? Customer Relationship Management (CRM) dapat diartikan ke berbagai cara, tergantung apa yang ingin dicapai oleh orang yang mengartikannya. Bagi sebagian orang, CRM adalah strategi untuk mengidentifikasi, memahami, ...